Tugas RPL - Pertemuan 1

 

Nama   : Devina Syafa Rizkika

NIM    : 12182254

Kelas   : 12.6AA.07

Mata Kuliah    : Rekayasa Perangkat Lunak

Pertemuan 1

1.      Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak" pada slide :

a.       PL Sistem = MAC OS, Windows, dll

b.      PL Aplikasi = Office, Photoshop, dll.

c.       PL yang tertanam = Automatic sliding door

 

2.      Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak aplikasi" pada slide

a.       Batch Processing Systems = penagihan telepon, pembayaran gaji

b.      Embedded Control System = timer pada microwave

c.       Data Collection System = PL di dalam alat absen dengan fingerprint.

 

3.      Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL pada slide

a.       User = orang yang akan menggunakan atau pengguna perangkat lunak

b.      Customer (Client) =  orang yang membeli atau memesan PL

c.       Software Developer = orang yang mengembangkan dan memelihara PL

d.      Developer Manager = orang yang menjalankan organisasi Software Developer, biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.

 

4.      Jelaskan 4 kegiatan proses PL pada slide

a.       Spesifikasi PL

b.      Pengembangan PL

c.       Software validasi

d.      Software evolusi

 

5.      Sebutkan mitos-mitos lain (minimal 3) dalam PL selain mitos-mitos yang ada di slide

a.       Mitos: Satu-satunya produk yang dapat disampaikan dari proyek yang berhasil adalah program yang dapat dijalankan.

Realitas: program hanya merupakan salah satu bagian dari konfigurasi software yang terdiri dari banyak elemen lainya (contoh: model, dokumentasi, perencanaan, dll).

b.      Mitos: kebutuhan software berubah secara terus-menerus, tetapi perubahan tersebut dapat dengan mudah diatasi, karena software itu fleksibel.

Realitas: kebutuhan software memang akan terus berubah, namun dampak dari perubahan tersebut sangat bervariasi berdasarkan tahap dimana perubahan itu terjadi.

c.       Mitos : Tidak ada metode untuk analisis disain dan testing terhadap suatu pekerjaan, cukup menuju ke depan terminal dan mulai coding.

Realita : Metode untuk analisis desain dan testing diperlukan dalam pengembangan software.

Komentar